Komponen Dasar VB 6.0

1:25:00 AM
Setelah anda mengetaui Cara Install Visual Basic 6.0 pada tutorial yang kami bahas sebelumnya, kali ini akan dibahas Komponen dasar Visual Basic 6.0. Fungsi dari Pengenalan ini adalah anda akan tahu beberapa Komponen dan fungsinya yang akan digunakan dalam membuat Aplikasi dengan Visual Basic 6.0 sehingga anda mengetahui kegunaan dari setiap komponen tersebut.

Komponen Dasar didalam VB 6.0 - Bagian dari tampilan VB 6.0
 

Baca Juga : Cara Mudah Input Data Ke Dalam Database dengan VB 6.0

Gambar diatas adalah Tampilan pertama jika anda membuka Visual Basic 6.0 dengan pilihan Standard EXE. Didalam tampilan utama tersebut akan terdapat Komponent-komponent yang dibutuhkan jika anda akan membuat sebuah Program dengan Visual Basic 6.0

Dan beberapa Komponen pada Visual Basic 6.0 diatas adalah :
  1. Menu Bar
    Menu Bar seperti yang biasa kita lihat dalam Microsoft Office. Di dalamnya terdafat menu File, Edit, View, Project, Format dan sejenisnya. Atau bisa disebut juga Menu dasar untuk Edit, View, Project, Debug, dan lainnya.
  2. Tool BarFasilitas ini dapat mempercepat pengaksesan perintah-perintah yang ada dalam pemrograman. Secara default, toolbar jenis Standard yang akan ditampilkan saat Anda memulai Visual Basic. Untuk menampilkannya, dengan memilih menu View Toolbars - kemudian beri tanda centang pada pilihan Standard.
  3. Form
    Form sering disebut dengan GUI (Graphical User Interface), adalah sebuah objek yang digunakan untuk menempatkan objek-objek dari ToolBox atau Sebuah window yang berisi tombol-tombol kontrol yang akan Anda gunakan untuk mendesain atau membangun sebuah form atau report. Selain tombol kontrol Standard, Anda juga dapat menambahkan sendiri tombol kontrol yang lain.
  4. ToolBox
    ToolBox adalah window yang berisi objek-objek untuk ditempatkan dalam form. Contohnya objek Label, TextBox, ListBox, ComboBox, Frame, dan sejenisnya
  5. Project Window
    Project Window adalah sebuah window yang menampung project dan Form. Di dalamnya juga terdapat ikon View Code (untuk menampilkan area text editor) dan ikon View Object (untuk menampilkan GUI). Dengan menggunakan project window ini kita juga dapat menambah form, menghapus, mengganti nama form, memilih startup project dan lain-lain. atau Window ini menampilkan daftar form, modul, serta objek lain yang ada dalam project yang aktif. Sebuah project merupakan sekumpulan file yang Anda gunakan untuk membangun sebuah aplikasi.
  6. Properti Window
    Properti window adalah sebuah window yang digunakan untuk memodifikasi objek berupa mengubah Caption, memberi nama objek, mengubah warna, ukuran, model dan sejenisnya. atau Window ini digunakan untuk mengatur properti sebuah objek atau kontrol yang Anda pilih. Sebuah properti merupakan karekteristik objek, seperti size, caption, atau color. Untuk menampilkannya, dengan memilih menu View Properties Window.
  7. Window Form Layout
    Window ini dapat Anda gunakan untuk mengontrol posisi form pada aplikasi Anda menggunakan sistem grafik dalam sebuah
    layar. Dengan fasilitas ini, Anda dapat melihat dan mengetahui posisi form yang baru Anda desain.
    Untuk menampilkannya, dengan memilih menu View- Form Layout Window.
  8. Form Designer
    Yaitu sebuah window yang dapat Anda gunakan untuk mengatur tampilan aplikasi yang Anda susun, atau dengan kata lain, sebagai tempat untuk mendesain sebuah form. Dalam form ini, Anda dapat menambahkan kontrol, grafik, dan gambar ke dalam form pada posisi yang Anda inginkan.
Semoga dengan Postingan diatas anda semakin tahu fungsi dari komponen Visual Basic 6.0

Untuk download Versi PDF nya bisa anda Download di LINK INI

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan

2 komentar

Write komentar
AguzSagha
AUTHOR
June 24, 2015 at 4:29 AM delete

ijin belajar mbk Tutarni aliya

Reply
avatar
Tutarni Aliya
AUTHOR
June 25, 2015 at 4:42 PM delete

Hi Aguz,
Silahkan.. selamat belajar Vb yaa :)

Reply
avatar